Hadirkan Layanan Lebih Lengkap, Bank Mandiri Relokasi KCP Tobelo di Halmahera Utara

HM, HALUT – Kabupaten Halmahera Utara, 23 Desember 2024 – Bank Mandiri terus berupaya untuk mendorong ekonomi kerakyatan dengan meningkatkan kualitas layanan perbankan di berbagai wilayah, terutama di Kawasan Timur Indonesia yang punya potensi pertumbuhan yang besar. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bank Mandiri telah secara resmi relokasi Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Senin (23/12).
Peresmian dilakukan oleh IR. FRANS MANERY selaku Bupati Kabupaten Halmahera Utara. Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Halmahera Utara menyampaikan Bank Mandiri di Tobelo sudah 16 tahun dan saat ini hadir dengan tampilan baru. Relokasi ini merupakan sebuah komitmen dari Bank Mandiri dalam rangka meningkatkan kualitas perbankan di Tobelo, Halmahera Utara.
VP Area Head Bank Mandiri Maluku dan Maluku Utara A. Azizi Rahim menjelaskan, langkah ini menjadi bagian dari transformasi berkelanjutan perseroan untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat. “Kami berharap dengan adanya relokasi ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal dan memberikan kenyamanan maksimal bagi nasabah,” ungkap Azizi, Senin (23/12).
Sebab menurut Azizi, perekonomian di Kabupaten Halmahera Utara menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik dalam satu dekade terakhir. Pertumbuhan ekonomi menurut rilis data BPS Kabupaten Halmahera Utara, tercatat mengalami perkembangan yang cukup signifikan. “Kami optimis, dengan layanan yang lebih baik, Bank Mandiri dapat berkontribusi lebih banyak dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara,” imbuhnya.
Adapun jika dirinci, peningkatan ini didorong oleh beberapa sektor, diantaranya sektor tertinggi dicapai oleh sektor pertambangan, pertanian, dan perikanan. Halmahera Utara menjadi salah satu penghasil tambang nikel terbesar di Indonesia dengan sumber daya nikel sebesar 1,4 miliar ton. Kontribusi sektor ini mencapai 30% dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), diikuti oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 23% serta perdagangan besar dan eceran sebesar 12,5%.
Melihat potensi yang terus tumbuh tersebut, Azizi berharap relokasi KCP Tobelo ini dapat mendekatkan layanan finansial Bank Mandiri kepada masyarakat dan mendukung aktivitas ekonomi lokal.
Bank Mandiri KCP Tobelo sendiri telah beroperasi sejak 1 November 2008 dan kini hadir dengan fasilitas full branch. Nasabah, baik korporasi maupun retail, dapat menikmati layanan perbankan lengkap, mulai dari transaksi harian hingga fasilitas kredit.
“Lokasi baru ini juga dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan aksesibilitas masyarakat dalam bertransaksi,” jelasnya. Selain layanan cabang, Bank Mandiri juga telah mengoptimalkan 44 Mandiri Agen di Kabupaten Halmahera Utara dan agen Point of Services (POS) di Kecamatan Kao.
Kehadiran puluhan agen tersebut, akan menjadi perpanjangan tangan Bank Mandiri untuk menjangkau area yang lebih luas serta memastikan seluruh masyarakat dapat mendapatkan akses keuangan dengan mudah. Sebagai bagian dari transformasi digital, Bank Mandiri juga memperkenalkan aplikasi Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri untuk nasabah korporasi.
“Harapan kami, Bank Mandiri tidak hanya menjadi mitra keuangan, tetapi juga motor penggerak ekonomi yang mampu mendorong pengusaha lokal untuk berkembang, baik di pasar domestik maupun internasional,” pungkasnya.
Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anggota konglomerasi keuangan Mandiri Group untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura), dan Mitra Transaksi Indonesia (payment point online bank). Melalui kolaborasi ini, seluruh anggota grup keuangan Mandiri Group memiliki kinerja solid dan menjadi pemain utama di segmen bisnis masing-masing.
Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.
Hingga September 2024, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 139 Kantor Cabang (KC) dan 2.056 Kantor Cabang Pembantu (KCP). Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 12.884 unit ATM, CRM dan CSM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 257.676 Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.
Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id (Red)